Komputasi Modern


Komputasi Modern

Mungkin dari kita tidak asing dengan kata Komputasi bukan? jika kalian pernah belajar matakuliah Matematika Kalkulus mungkin ini tidak akan asing bagi kalian yang membuat kalian mual dan muntah-muntah dalam belajarnya. Terus apa arti dari Komputasi itu sendiri ?
Penulis mengartikan Komputasi sebagai Kom artian dari komputer, alat yang dipakai untuk mengolah data-data melakukan perkerjaan perhitungan artmetika tapi semakin berkembang computer dapat mampu melakukan penyimpanan data, mengambil dan mengolah data. dan utasi artian dari Mutasi, perubahan/memindahkan/pecahan dari sususan atau struktur materi. Bisa di bilang komputasi pada dasarnya perpaduan antara bidang ilmu komputer dan ilmu matematika.


Secara Umum Komputasi bisa diartikan sebagai cara memecahkakan masalah serta menemukan solusi dari data yang ada dengan menggunakan algoritma yang ada. Jika zaman dulu komputasi melakukan perhitungan angka dilakukan oleh manusia secara manual dengan cara menggunakan pena dan kertas atau kapur dan batu tulis. Dalam artian manusia telah mengenal angka dan perhitungan sejak berabad yang lalu sebagaimana bangsa Romawi-pun telah dapat menghitung system kalender (hari,bulan,tahun) dengan menggunakan rasi bintang. Seiring berkembangnya zaman komputasi di kehidupan manusia berubah sejak mengenal perhitungan yang lebih kompleks.
            Karena otak manusia mengalami keterbatasan dalam menghitung angka yang jumlahnya bisa banyak, oleh karena itu manusia menciptakan alat menghitung seperti sempoa kemudian berkembang menjadi kalkulator dan karena kebutuhan pengelola data-data yang dihitung semakin banyak mulai ide pembuatan computer tercipta sebagai alat hitung.

Definisi Komputasi Modern
Teori komputasi itu adalah merupakan masalah dalam dunia yang berbasis dari cabang ilmu komputer yang bisa diselesaikan dengan algoritma, dari masalah tersebut terdapat langkah-langkah dari permasalahan disebut algoritma. Teori komputasi ini biasanya digunakan oleh ilmuan sains, maka dari itu ada yang dinamakan komputasi sains, komputasi sains merupakan salah satu cabang ilmu komputasi. Secara umum komputasi pada bidang sains mengkaji aspek-aspek untuk di bidang sains lain, seperti fisika, kimia, biologi dan lain-lain.

Sejarah Singkat Komputasi Modern :

Tokoh yang berpengaruh pada perkembangan Komputasi Modern pertama kali digagasi oleh John Von Neumann ilmuan yang peletak dasar model kerja komputer. John Von N. di lahirkan di Budapest, ibukota Hongaria (negara terkurung daratan di Eropa tengah) pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Karya-karyanya yang dicptakan sebuah karya dalam bidang matematika, fisika nuklir, game theory (teori permainan), teori kuantum, dan ilmu komputer. Beliau juga merupakan salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kepiawaian John Von N. teletak pada bidang teori game beliaulah yang melahirkan konsep automata, teknologi bom atom dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer.
Komputasi Modern memiliki ciri:
·         Sumber daya yg disediakan bersifat heterogenous (terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi-aplikasi lain)
·         Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth beragam
·         Komputer ataupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

Masalah yang dipecahkan pada Komputasi Modern:
1. Akurasi (Floating Point)
Format bilangan floating point memiliki range penyimpanan nilai yang besar atau sangat kecil. Bilangan ini direpresentasikan 2 bagian yaitu mantisa dan eksponen, sehingga dapat digunakan komputasi yang akurat menggunakan komputer.
2. Kecepatan (Hz)
Komputasi untuk mengelola data harus dapat dilakukan dalam waktu yang cepat. Sehingga perlu cara untuk melakukan pengelolahan perhitungan dalam waktu singkat.
3. Problem Volume Besar (Down Sizzing/Pararel)
Data-data yang banyak jika terlewatkan akan menjadi masalah. Oleh karena itu pada bagian mengelola datanya menggunakan algoritma/metode paralel atau Down Sizzing pada pemecahan komputasi modern ini agar memecahkan masalah yang begitu besar ukurannya.
4. Modelling (NN & GA)
Perlu memodelkan algoritma tertentu untuk menyelesaikan masalah yang komplek. Seperti: Neural Network (Jaringan Syarat Tiruan) / Genetic Algorithm) model
5. Kompleksitas Kompleksitas
komputasi adalah cabang dari teori komputasi dalam ilmu komputer yang berfokus pada mengklasifikasikan masalah komputasi sesuai dengan kesulitan inheren mereka


Implementasi Komputasi Modern Pada Setiap Bidang


·         Bidang Fisika Computational Physics (Fisika)
Mempelajari algoritma numerik untuk memecahkan permasalahan teori kuantitatif fisika yang sudah ada. Contohnya untuk menentukan besar medan magnet pada kawat, menghitung tekanan


·         Bidang Biologi Bioinformatics (Biologi)
Ilmu teknologi informasi dan ilmu komputer yang mengaplikasikan terhadap bidang biologi molekuler. Contohnya penggunaan tes DNA dan RNA.  
·         Bidang Matematika
Penerapan pada bidang ini meliputi metode numerik, scientific, computing, metode beda hingga, scientific data mining, dan metode lain-lainya. Terdapat numerical analysis yang merupakan algoritma untuk menganalisa masalah-masalah dalam aritmatika.
Contoh penggunaannya adalah program Mapple, dapat menyelesaikan banyak perhitungan yang ada pada bidang matematika,
·         Bidang Ekonomi
Ilmu pada bidang ekonomi mencakup komputasi masalah perbankan seperti keuangan, statiska pengembangan alat bantu untuk pendidikan ekonomi.
·         Bidang Geologi
Pada bidang geologi teori komputasi digunakan untuk pertambangan atau untuk menentukan umur sebuah benda, sebuah sistem komputer digunakan menganalisa bahan-bahan mineral dan barang tambang yang terdapat di dalam tanah.



Daftar Pustaka



Buyung Kosasih.2006.Komputasi Numerik Teori dan Aplikasi.Andi Publisher
https://id.wikipedia.org/wiki/Floating-point


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »