Model Grafik Aplikasi & Animasi 3D Tubuh Manusia

Permodelan Grafik Bidang Pendidikan : Model Aplikasi & Animasi 3D Tubuh Manusia

Organ tubuh adalah seluruh anggota tubuh manusia, baik organ tubuh manusia bagian luar maupun organ tubuh dalam manusia.Makhluk hidup memiliki organ di dalam tubuhnya yang memiliki bagian-bagian dan  fungsi tertentu. Salah satunya adalah organ dalam sistem pernapasan pada manusia, yaitu paru-paru. Selain itu juga masih terdapat beberapa organ-organ tubuh yang terdapat di dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi dan cara kerja masing-masing.
Dalam perkembangan teknologi semakin pesat dan cepat, khususnya pada metode pembelajaran. Perkembangan teknologi yang kian maju, membuat manusia bisa menggunakan berbagai macam peralatan untuk alat bantu dalam menjalankan berbagai aktivitas sebagai sarana pendukung produktifitas.
Metode pembelajaran organ tubuh manusia bagi anak SD sekarangpun tak luput dengan teknologi masa kini. Aplikasi game dan animasi 3D merupakan contoh metode pembelajaran dengan menggunakan software Blender 3D. Aplikasi 3D dibuat dengan bahasa python melalui Blender 3D sedangkan Animasi 3D dengan teknik rigging, yaitu teknik yang digunakan untuk menggerakan objek 3D dengan membuat tulang – tulang atau kerangka objek sehingga apabila tulang tersebut digerakkan, maka objek juga ikut bergerak. Hasil analisis dari perancangan aplikasi game dan animasi 3D ini dapat dijadikan pemanfaatan dalam bidang pendidikan untuk menarik minat anak dalam belajar.

Metode Perancangan Animasi 3D Organ Tubuh Manusia
Penelitian model dan animasi 3D ini melalui beberapa tahapan atau proses agar dihasilkan sistem yang lebih baik dan mampu mencapai tujuan. Digambarkan dalam sebuah flowchart sebagai berikut       :

Berbagai bentuk model pembelajaran dalam 3D Animasi, sebagai berikut     :

1. Modeling Tubuh Manusia
Pemodelan tubuh manusia terdiri dari beberapa objek, antara lain tubuh bagian luar, dan organ – organ dalam yang umum seperti paru – paru, jantung, lambung dan lain – lain. Setelah semua objek selesai dibuat, maka objek – objek tersebut digabungkan menjadi 1 objek seperti pada gambar berikut:


2. Material Tubuh Manusia
Setelah model tubuh manusia dibuat, selanjutnya model tersebut diberi warna dengan cara memberikan material yang sesuai seperti pada gambar berikut:

3. Interface Aplikasi
Interface aplikasi merupakan tampilan aplikasi untuk menampilkan objek – objek 3D serta memanipulasi / menggerakkan objek – objek 3D baik tubuh manusia maupun organ – organ
dalam manusia serta diiringi dengan suara yang menerangkan objek tersebut.
Tampilan Interface Aplikasi bisa dilihat pada gambar berikut:

4. Animasi Pembelajaran
Animasi pembelajaran ini terdiri dari 2 animasi, yaitu animasi sistem pencernaan manusia dan sistem pernapasan manusia dengan extensi video QuickTime Movie.
Animasi sistem pencernaan mensimulasikan alur pencernaan manusia yang secara garis besar dimulai dari mulut => kerongkongan => lambung => usus 12 jari => usus halus => usus besar seperti yang digambarkan pada gambar berikut:

Animasi sistem pernapasan mensimulasikan alur pernapasan manusia yang secara garis besar dimulai dari hidung tenggorokan => bronkus => paru – paru.
seperti yang digambarkan pada gambar berikut           :


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »